Menutup Paksa Program yang Hang atau Error (Not Responding) pada Windows dengan Task Manager || Oleh Cecepwahyudin

Tidak selamanya program atau software berjalan dengan baik pada sistem operasi Windows. Ada kalanya masalah atau troubleshoot terjadi dalam sebuah sistem komputer. Terutama dalam hal perangkat lunak, banyak ditemukan permasalahan dimana software yang sedang berjalan pada sistem operasi Windows mengalami crash atau hang atau Error.

Program atau software yang mengalami crash atau error biasanya membuat program tersebut akan berhenti berjalan dengan semestinya. Program yang error tersebut biasanya tidak akan merespon perintah-perintah lanjutan, namun sistem operasi tetap berusaha untuk terus menerus mencoba untuk menjalankan program tersebut. Efek buruk yang dapat timbul dari program yang error ini adalah rusaknya data yang sedang diproses, program yang tidak dapat dibuka kembali hingga mengakibatkan sistem operasi Windows berjalan dengan tidak normal.

Untuk menutup paksa prrogram atau software yang mengalami hang atau error atau Not Responding pada sistem operasi Windows dengan Task Manager, Rekan-rekan dapat mengikuti langkah berikut ini:

  1. Klik kanan pada Taskbar kemudian klik Task Manager. Atau juga bisa dengan langsung menggunakan kombinasi tombol Ctrl + Alt + Delete kemudian klik Start Task Manager
  2. Klik pada program yang mengalami error atau Not Responding, pada contoh gambar saya ingin menutup firefox
  3. Klik End Task
  4. Selesai, windows sudah kembali normal dan dapat dipergunakan lagi  

Semoga Bermanfaat dan Selamat Mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *