Membuat Daftar Isi Menggunakan Table of Contents di Microsoft Word || Oleh Rama Prasetya

Dalam membuat dokumen seperti proposal, makalah, dan lain-lain pasti terdapat daftar isi untuk menunjukkan bagian-bagian yang ada di dalam dokumen. Namun taukah kamu pada Microsoft Word terdapat fitur tersendiri untuk mempermudah membuat daftar isi. Fitur itu bernama Table of Contents. Dengan fitur ini kita tidak perlu lagi untuk menuliskan daftar isi beserta halamannya secara manual apalagi sampai repot-repot mengetik titik-titik pada daftar isi. Pada fitur Table of Contents hal itu dapat dilakukan secara otomatis. Oke langsung saja caranya sebagai berikut.

Di sini kita akan mempraktekkan fitur Table of Contents ini dengan membuat bagian dari daftar isi sebagai berikut.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Buka lembar kerja Microsoft Word

2. Masuk ke Tab Preferences.

3. Klik Table of Content lalu pilih tipe yang akan digunakan. Pada artikel ini menggunakan tipe yang pertama yaitu Automatic Table 1.

4. Berikan title “Daftar Isi” seperti gambar di bawah ini.

5. Klik Add Text lalu pilih Level 1 untuk membuat Heading 1.

6. Setelah itu silahkan ketik Bab I Pendahuluan seperti gambar di bawah ini. Dapat dilihat tulisan menjadi berubah warna dan terdapat panah kecil yang menandakan Bab I Pendahuluan ini sudah menjadi bagian dari Daftar Isi. Untuk display, posisi teks, memasukkan teks menjadi list, dll dapat diatur sesuai keinginan.

7. Selanjutnya klik Update Table untuk menampilkan Bab I Pendahuluan ke dalam Daftar Isi.

Sehingga hasilnya tampak sebagai berikut :

8. Selanjutnya untuk Latar Belakang sebagai sub-bagian dari Bab I Pendahuluan dapat memilih Level 2  (Heading 2) . Setelah itu barulah ketik teks Latar Belakang.

9. Silahkan klik Update Table kembali untuk memperbaharui Daftar Isi. Jika muncul pop up seperti gambar di bawah, pilih Update entire table.

Hasil setelah Update Table :

10. Selanjutnya untuk Rumusan Masalah caranya sama dengan Latar Belakang yaitu dengan Level 2. Namun Rumusan Masalah di sini akan dibuat di halaman kedua.

11. Update Table kembali sehingga tampilannya seperti gambar di bawah. Dapat dilihat antara bagian Rumusan Masalah dengan halamannya menyesuaikan otomatis yaitu 2.

Demikianlah langkah membuat Daftar Isi menggunakan Tabel of Contents di Microsoft Word. Jika ada yang belum dimengerti silahkan mengajukan pertanyaan di kolom komentar. Selamat mencoba.

 

Semoga Bermanfaat, Terima Kasih

One Reply to “Membuat Daftar Isi Menggunakan Table of Contents di Microsoft Word || Oleh Rama Prasetya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *