Mematikan Layar Laptop Secara Manual Di Windows || Oleh Michael Yudo

Pada laptop dengan sistem operasi Windows terdapat pengaturan untuk mematikan layar secara otomatis ketika tidak ada aktifitas.  Setelah melewati batas waktu yang telah ditentukan, layar laptop akan mati dengan sendirinya. Pengaturan ini ada di menu Power Options.
 
Lalu bagaimana jika kita ingin mematikan layar langsung secara manual sebelum waktu yang telah ditentukan ? Misalnya karena kita harus menerima telephone dulu, ke belakang sebentar, dll. Salah satu manfaat mematikan layar adalah untuk menghemat baterai pada laptop yang sedang  menggunakan daya baterai.
 
Caranya dengan menggunakan tombol power, yang kalau ditekan ketika laptop sedang menyala maka akan mematikan layar. Secara default laptop Windows ketika tombol power ditekan umumnya mengarah ke Sleep. Jadi di sini kita ubah settingnya agar ketika tombol power ditekan dapat mematikan layar.

Berikut caranya :

1. Tekan Windows + R untuk masuk ke Run command. Ketikkan powercfg.cpl di kolom run command, kemudian tekan Enter atau klik OK, maka jendela Power Options akan terbuka.

 

2. Klik Choose what the power button does.

3. Jendela berikutnya pada pilihan When I press the power button, pada On battery dan Plug in, pilih Turn off the display.

4. Klik Save changes untuk menyimpan konfigurasi.

 

Sekarang kalau tombol power ditekan, maka layar akan mati. Komputer masih hidup, aplikasi masih jalan, hanya layar saja yang mati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *