Mematikan Layar Laptop secara Manual di Windows || Oleh Michael Yudo

Pada sistem operasi Windows tersedia fitur untuk mematikan layar secara otomatis saat tidak ada aktifitas. Saat melewati waktu yang telah ditentukan,  layar komputer akan mati secara otomatis. Pengaturannya ada di menu Power Options.

            Lalu bagaimana caranya jika kita ingin mematikan layar laptop secara langsung (manual) tanpa harus menunggu sampai waktu yang sudah ditentukan sebelumnya. Misalnya karena kita harus menerima telephone dulu, ke belakang sebentar, dll. Salah satu manfaat mematikan layar adalah untuk menghemat baterai laptop saat charger sedang tidak mengisi.

Caranya dengan menggunakan tombol power. Jika kita tekan tombolnya saat laptop sedang nyala, maka akan mematikan layar. Secara default Windows akan sleep ketika tombol power ditekan. Jadi kita tinggal mengubah settingnya, supaya ketika tombol power ditekan otomatis layar mati.

Berikut caranya :

1. Tekan Windows + R (untuk masuk ke Run command), ketikkan powercfg.cpl di kolom run command, kemudian tekan Enter atau klik OK, maka jendela Power Options akan terbuka.

 

2. Pilih/klik Choose what the power button does.

 

3. Kemudian pada jendela selanjutnya, pada pilihan When I press the power button, pada On battery (juga pada Plug in), pilih Turn off the display.

 

4. Klik Save changes untuk menyimpan konfigurasi.

Sekarang jika tombol power ditekan, maka layar akan mati (komputer masih hidup, aplikasi masih jalan, hanya layarnya saja yang mati).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *