Cara Mudah Mematikan Laptop dengan Keyboard || Oleh Cecep Wahyudin

Mematikan laptop menggunakan keyboard memang jarang dilakukan. Umumnya dalam mematikan perangkat ini kita mengarahkan kursor ke menu Start dan memilih Shutdown.

Namun, pada kasus tertentu dimana kursor eror atau mouse tidak merespon, kita perlu alternatif lain.

Tahukah kamu, jika tombol keyboard dapat dimanfaatkan untuk mematikan laptop. Lantas bagaimana cara mudah mematikan laptop dengan keyboard? Dirangkum dari berbagai sumber, simak berikut ini:

1. ALT+F4
Cara pertama mematikan PC atau Laptop dengan keyboard adalah dengan memanfaatkan tombol Function. Caranya sangat mudah, cukup dengan memadukan tombol ALT+F4 atau ALT+Fn+F4.

 

2. Windows > Shutdown
Cara satu ini paling sering dan paling umum untuk digunakan. Yakni, hanya dengan menekan tombol Windows pada keyboard, kemudian naik turunkan tombol panah dan tombol tab di keyboard untuk berpindah ke menu Shutdown.

 

3. CTRL+Alt+Del
Cara ini termasuk cara yang paling simple daripada ketiga cara di atas. Hanya dengan menekan tombol CTRL+ALT+DEL secara bersamaan, maka akan muncul menu untuk memilih Shutdown.

Selain membantu mematikan laptop, cara satu ini juga dapat membantu bila ada aplikasi yang tidak merespon atau hang.

 

4. WIN+U+U
Khusus Windows XP, bisa menggunakan tombol Windows pada keyboard, ketik U dan U,  maka secara otomatis laptop akan shutdown dan mati dengan sendirinya.

 

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan saat kursor tidak bisa digunakan untuk mematikan komputer. Mudah bukan?

Selamat mencoba & Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *