Perbedaan Window 10 dan Windows 11 || Oleh Beni Syaban

Windows 11 merupakan penerus dari Windows 10. Windows 11 membawa perombakan besar-besaran, mulai dari desain, peningkatan fitur, hingga dukungan aplikasi Android.
Berikut adalah sejumlah perbedaan signifikan antara Windows 10 dengan Windows 11 :

  • Tampilan Antar Muka ( User Interface UI )

Windows 11 kini hadir dengan tampilan yang lebih segar dan minimalis, khususnya di bagian taskbar dan menu Start.

  • Bentuk Logo dan Jendela

Logo Windows 11 terlihat seperti sebuah jendela yang menghadap ke depan. Sementara logo Windows versi sebelumnya, mengusung bentuk empat kotak bergaya tiga dimensi, yang terlihat seperti sebuah bendera dalam posisi berkibar.

  • Bisa Jalankan Aplikasi Android

Di Windows 11, Microsoft pertama kalinya menghadirkan kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android tanpa modifikasi khusus. Selama ini, aplikasi Android hanya bisa dijalankan di sistem operasi Windows dengan bantuan emulator atau melakukan dual boot OS. Aplikasi-aplikasi Android ini bisa ditemukan di Microsoft Store dan diunduh melalui Amazon App Store. Setelah diunduh, aplikasi bisa disematkan (pin) ke taskbar atau disandingkan dengan aplikasi lain.

  • WIDGET Aneka Informasi

Windows 11 memiliki pilihan Widget baru yang didukung oleh Microsoft Edge dan AI. Widget ini dapat diakses apabila kursor diarahkan ke sebelah kiri layar. Widget ini dapat membantu pengguna untuk mendapatkan informasi, cuaca, berita, foto, dan lainnya secara sekilas.

  • Transisi yang lebih mudah dari monitor ke laptop

Sistem operasi Windows 11 mencakup fitur yang disebut Grup Snap dan Tata Letak Snap – kumpulan aplikasi yang Anda gunakan pada saat yang sama yang berada di bilah tugas dan dapat muncul pada saat yang sama atau diminimalkan untuk peralihan tugas yang lebih mudah. Mereka juga memudahkan Anda untuk menyambungkan dan memutuskan sambungan monitor, tanpa kehilangan lokasi jendela yang terbuka.

  • Auto HDR untuk Mode Game

Aspek gaming menjadi salah satu yang mendapat perhatian dari Microsoft. Untuk memanjakan para pencinta game, Microsoft merilis fitur Auto HDR di Windows 11. Fitur ini akan menghadirkan kontras dan warna yang baik saat bermain game.

Demikian beberapa perbedaan sistem operasi antara Window 10 dengan Windows 11.

Semoga materi pojok IT ini menambah wawasan dan bermanfaat. Terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *