Tidak terburu-buru Update Windows 10 ke Windows 11 || Oleh John Richardo

Seperti yang kita ketahui usia OS Windows 10 sudah memasuki usia ke-6  dan Microsoft sudah merilis OS Windows selanjutnya, yaitu : Windows 11

Apakah kita harus update OS Windows 10 ke Windows 11 ?

Nah, jangan terburu-buru update OS Windows 10 kita ke Windows 11, berikut beberapa alasannya :

  • Windows 10 Masih Mendapat Dukungan Microsoft hingga tahun 2025

Alasan tak perlu terburu-buru instal Windows 11 adalah dukungan Microsoft terhadap Windows 10 masih cukup panjang.  Melansir dari Windows Central, Microsoft masih akan terus memberikan dukungan untuk Windows 10 Home dan Pro hingga Oktober 2025.

Dukungan yang dimaksud berupa dukungan sistem keamanan, dukungan fitur, dan dukungan lain yang menunjang performa Windows 10.

  • Dukungan Hardware Windows 10 Lebih Mainstream

Berbeda dengan Windows 11, ada sejumlah batasan dari system requirements Windows 11, misalkan saja Windows 11 memerlukan Secure Boot Enable, TPM 2.0 dan yang paling menekan banyak pengguna adalah minimum CPU yang digunakan haruslah Intel Gen 8 atau AMD Seri 2000 Desktop.

Dengan demikian jika kamu adalah pengguna CPU atau hardware lama, menggunakan Windows 10 masih menjadi hal terbaik, karena bagaimana pun Windows 10 hampir dapat dijalankan di semua hardware yang tersedia di pasaran. Untuk performa maksimal cukup upgrade saja RAM dan SSD, maka kamu sudah mendapatkan performa yang cukup oke untuk penggunaan sehari-hari.

  • Tak Ada Garansi Stabilitas Sistem

Kita tak perlu terburu-buru dalam menginstal Windows 11 karena Microsoft tak memberikan garansi stabilitas sistem operasi kepada pengguna Windows 11. Hal tersebut berarti bahwa kita tak akan mendapatkan ganti rugi atas masalah eror karena fitur-fitur dan fungsi-fungsi baru di Windows 11.

Microsoft hanya menjanjikan perbaikan-perbaikan atas masalah-masalah di Windows 11 melalui update patch sistem operasi tersebut. Meski telah lolos uji beta, kemungkinan sistem operasi Windows 11 yang tak stabil masih tetap tinggi.

  • Beberapa program / aplikasi dan game mungkin belum berjalan dengan baik 

Setelah update Windows 11, apakah Anda menemukan masalah program / aplikasi atau game tidak berjalan baik ? Beberapa orang mengalami permasalahan terkait kompabilitas aplikasi di Windows 11. Karena ini merupakan OS baru, mungkin beberapa program / aplikasi dan game belum berjalan optimal di Windows 11.

  • Takut kehilangan file saat update ke WIndows 11

Meskipun terdapat opsi update Windows 11 tanpa kehilangan file sebelumnya, mungkin sebagian orang masih merasa ragu. Tidak jarang hal-hal yang tidak diinginkan menghantui saat proses update berlangsung. Seperti tiba-tiba listrik padam di tengah proses atau terputusnya koneksi internet yang menyebabkan proses update terhambat. Hal tersebut sangat besar resikonya terhadap file yang ada di laptop atau PC Anda. Entah berakhir hilang atau corrupt (kerusakan file).  Namun demikian, bila keputusan Anda sudah bulat, pastikan backup atau membuat cadangan file penting Anda terlebih dahulu sebelum update Windows 11.

Sekian. Semoga Bermanfaat

Dilansir dari berbagai sumber

 

One Reply to “Tidak terburu-buru Update Windows 10 ke Windows 11 || Oleh John Richardo”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *