Manfaat melakukan Safely Remove atau Eject Saat Mencabut Flashdisk || Oleh Adittya Ramadhan

Anda mungkin pernah mencabut flashdisk tanpa di-eject terlebih dahulu. Apakah hal tersebut boleh dilakukan?, Lalu apa yang terjadi jika dilakukan?

Saat ingin mencabut flashdisk dari komputer, sebagian besar orang melakukan ‘safely remove’ atau ‘eject’ agar lebih merasa aman. Banyak yang mengklaim, kalau tidak melakukan hal tersebut flashdisk atau komputer akan rusak. Parahnya lagi, data dalam flashdisk kemungkinan akan hilang.

Tak sedikit juga orang yang tidak percaya dengan fitur tersebut. Banyak yang berpikir jika ingin mencabut flashdisk, tak perlu repot-repot melakukan ‘safely remove’. Perlu diketahui, data di dalam flashdisk bisa saja tetap utuh jika kita asal cabut sebelum di-eject. Namun ada kondisi yang bisa menyebabkan data rusak.

Ketika tidak ada program yang membuka data tersebut, maka data akan aman jika mencabut flashdisk langsung, namun beda jika ada aplikasi yang sedang mengaksesnya, terutama jika aplikasi tersebut sedang melakukan penyimpanan data ke flashdisk. Proses penyimpanan data yang sedang berjalan akan terganggu, data yang tersimpan pun menjadi tidak utuh. Tidak seperti dokumen fisik, file digital bakal rusak jika datanya tidak lengkap. Alhasil, data kita di flashdisk akan rusak dan tidak bisa dibuka lagi.

Saat ini zaman sudah berganti, di mana flashdisk diciptakan memang untuk ditancapkan dan dicopot secara mobile. Sistem operasi juga sudah beradaptasi dengan hal tersebut. Namun meski sudah beradaptasi, jika kita mencabut flashdisk ketika file sedang di-copy, file tetap akan rusak atau hilang. Namun ketika kita sedang tidak melakukan apa-apa terhadap flashdisk tersebut, cukup aman untuk mencabutnya.

Fungsi dari eject ini sebenarnya memberikan sinyal untuk memutuskan hubungan dengan flashdisk. Komputer akan melakukan pengecekan apakah ada aplikasi yang sedang mengakses data di flashdisk, jika masih ada, komputer belum mengizinkan mencabutnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kemanan dari data-data yang sedang dibaca. Karena itulah penting bagi anda untuk membiasakan melakukan safely remove atau eject lebih dulu sebelum mencabut flashdisk.

Semoga Bermanfaat.

One Reply to “Manfaat melakukan Safely Remove atau Eject Saat Mencabut Flashdisk || Oleh Adittya Ramadhan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *