Indikasi Komputer Terinfeksi Virus || Oleh Michael Yudo

Kita semua mengetahui bahwa virus dan malware dapat menyebabkan berbagai masalah, mulai dari yang menjengkelkan hingga bencana besar. Beberapa malware mereplikasi diri hingga memenuhi ruang penyimpanan, merusak data atau membuat performa komputer menjadi tidak stabil. Beberapa bahkan menggunakan email untuk mendistribusikan kode berbahaya ke semua orang yang ada di daftar kontak.

Tidak ada yang mau komputernya terinfeksi oleh virus. Itulah sebabnya sangat penting mempraktekkan kebiasaan komputasi yang aman dan menginstal perangkat lunak anti-virus yang handal.

Sebagian besar malware dapat dihindari dengan memperhatikan dan menjauhi beberapa jebakan umum. Jika perangkat lunak anti-virus yang terpasang up to date, seharusnya komputer dalam kondisi yang cukup baik.

Tapi sesekali, virus komputer dapat menembus pertahanan kita. Mungkin software anti-virus yang sudah usang atau telah disusupi oleh sedikit kode yang sangat pintar. Mungkin tanpa disengaja kamu meng-klik tautan yang mengaktifkan virus. Atau ada orang lain yang menggunakan komputer kamu dan tanpa disadari mengunduh beberapa software bervirus.

 

Bagaimana indikasi komputer sudah terinfeksi virus ?

 

Jika software anti-virus kuat, kemungkinan besar akan menerima pesan saat aplikasi memindai komputer. Virus terdeteksi dengan mudah. Tetapi bagaimana jika anti-virus sudah kadaluarsa atau virus telah berhasil menonaktifkan program anti-virus ? Adakah cara untuk mengetahui apakah komputer sudah terinfeksi ? Dapatkah Windows mengindikasikan virus ?

Faktanya terdapat beberapa ciri yang menunjukkan adanya malware di komputer. Dengan asumsi anti-virus belum / tidak memberitahu adanya virus, berikut ini beberapa indikator yang menandakan adanya software perusak di komputer.

 

  • Komputer yang tidak stabil dapat menjadi pertanda ada yang tidak beres. Beberapa malware mengacaukan file penting, yang membuat komputer tidak berjalan dengan baik dan macet (hang) ketika mencoba menjalankan aplikasi tertentu atau membuka file tertentu. Bisa jadi itu malware.

 

  • Performa komputer tampak berjalan lebih lambat dari biasanya. Ini bisa jadi akibat dari malware yang menjalankan kode berbahaya, sehingga menguras sumber daya pemprosesan komputer.

 

  • Pesan aneh yang menunjukkan bahwa kamu tidak dapat mengakses drive tertentu di komputer adalah tanda lain bahwa ada sesuatu yang salah. Aplikasi yang tidak dapat berjalan atau file yang tidak dapat dibuka mungkin juga disebabkan oleh infeksi virus.

 

  • Indikator lain termasuk perangkat keras (seperti printer) yang tidak lagi merespons perintah. Meskipun ini tidak selalu menjamin keberadaan virus.

 

  • Ukuran file berfluktuasi meskipun sedang tidak mengakses file tersebut.

 

  • Jika mengakses menu dan tampilannya aneh atau terdistorsi, bisa jadi kamu menjadi korban serangan malware.

 

 

Penting untuk diingat bahwa virus komputer adalah salah satu penyebab potensial masalah seperti yang telah disebutkan di atas, tetapi bukan satu-satunya penyebab.

Bagaimana Melindungi Komputer dari Virus ?

 

  • Gunakan sistem operasi yang aman dan berlisensi. Hindari memasang program dari sumber yang tidak dikenal dan tetap menggunakan software komersial berlisensi.

 

  • Memasang software anti-virus adalah perlindungan yang bagus. Banyak opsi anti-virus gratis terpercaya yang tersedia secara online.

 

  • Memastikan bahwa perlindungan virus makro diaktifkan di semua aplikasi Microsoft dan TIDAK menjalankan makro dalam dokumen, kecuali mengetahui secara pasti fungsi dan mempercayai dari mana dokumen berasal. Jarang ada alasan bagus untuk menambahkan makro ke dalam dokumen. Jadi menghindari semua makro adalah kebijakan yang bagus.

 

  • Tidak membuka lampiran email berupa file yang dapat dieksekusi, terutama bila alamat email pengirimnya tidak dikenal. Satu-satunya pertahanan : Jangan pernah menjalankan file executable yang datang melalui email. Jika di-klik, kamu memberi izin untuk melakukan apapun di komputer.

Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana ini, kamu dapat tetap bebas dari virus komputer.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *