Cara Mudah Cadangkan File Komputer dengan Google Backup and Sync || Oleh Michael Yudo

Salah satu hal penting namun sering diabaikan pengguna komputer adalah melakukan backup data. Banyak orang yang malas dan menganggap proses ini hanya membuang-buang waktu. Padahal melakukan backup data secara rutin sangatlah penting untuk menghindari kehilangan berbagai data yang dimiliki. Ya, jangan sampai menyesal setelah semuanya hilang tidak terselamatkan.

Nah, selain melakukan backup data ke harddisk eksternal, kamu juga dapat melakukan backup ke cloud storage. Salah satu layanan terbaru dari Google ialah Google Backup and Sync.

Google Backup and Sync ini tersedia untuk Mac dan Windows. Kamu dapat membuat seluruh data yang ada di dalam komputer, folder, atau berbagai lokasi spesifik lainnya, bisa dimonitor dan di-backup ke dalam Google Drive.

Seluruh proses backup data ini sangat sederhana. Berikut langkah demi langkahnya :

  • Pertama download di link https://www.google.com/drive/download/ dan install ke komputer.

  • Klik icon Backup and Sync di System Tray yang terletak di kanan bawah dan klik Sign In.

  • Muncul layar pop up dan masuk ke akun Google.

  • Pilih folder mana di komputer yang ingin dicadangkan ke Google Drive. Kamu juga bisa mengatur kualitas foto dan video yang di-upload.

  • Selesai. Backup and Sync akan mengurus sisanya.

Itulah cara mudah backup data dengan Google Backup and Sync. Mencadangkan data tidaklah sulit. Bayangkan saja jika data di komputer tiba-tiba hilang atau terinfeksi virus ransomware. Berapa banyak kerugian yang harus diderita. Jangan biarkan hasil kerja keras berakhir dengan sia-sia dan rajinlah melakukan backup data mulai dari sekarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *