10 Fitur Keren Google Search yang Patut Diketahui || Oleh Adittya Ramadhan



Kita semua mengetahui bahwa Google adalah mesin pencari yang paling umum digunakan. Setiap hari orang menggunakan Google untuk mencari informasi tentang apapun, namun sebenarnya Google memiliki banyak fitur keren yang tidak diketahui banyak orang.

Fitur / trik tersebut memang disediakan oleh Google bagi penggunanya, agar lebih mudah mendapatkan informasi dan membantu memecahkan masalah si pengguna. Dalam artikel ini saya rangkum fitur yang dimaksud sebagai berikut :

 

1. Google Translate

Untuk fitur yang  satu ini mungkin sudah terkenal dan sering digunakan. Fitur ini berguna untuk menerjemahkan teks. Cukup dengan mengetik kata diikuti dengan bahasa yang ingin Anda terjemahkan. Misalnya, ketik kata Malam in english dan tekan enter. Anda akan melihat terjemahan teks dalam hasil pencarian. Anda juga dapat langsung mengakses google translate di link ini Google Translate tool.

2. Mencari Info Cuaca

Jika ingin mencari info cuaca di lokasi tertentu, anda cukup mengetik cuaca diikuti dengan kode pos atau nama kotanya. Sebagai contoh : cuaca bogor

3. Google Calculator

Anda juga dapat menggunakan mesin pencari Google sebagai kalkulator. Cukup ketik Calculator dalam pencarian Google dan tekan enter. Google akan menampilkan Google kalkulator dalam hasil pencarian yang dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan perhitungan.

Tidak hanya perhitungan langsung seperti 10+5, 15-8, 35*55, 100/50 pada kotak pencarian, tapi Anda juga bisa menghitung hasil fungsi trigonometri, dan banyak lagi perhitungan lainnya yang dapat digunakan dengan cara kedua, yaitu langsung menuliskan angka yang ingin dihitung pada kolom search.

 

4. Nilai Tukar Uang

Google juga menyediakan informasi nilai tukar mata uang. Caranya cukup mudah dengan mengetik kedua mata uang tersebut. Misalnya : Dollar ke rupiah maka akan tampil nilai tukar mata uang tersebut.

5. Konversi Unit

Selain mata uang, Anda juga dapat mengonversi unit untuk kuantitas berbeda. Contoh: “lbs to kgs”. Ada 9 kategori konversi unit : temperatur, panjang, massa, kecepatan, volume, area, konsumsi bensin, waktu, dan penyimpanan digital yang dapat digunakan.

6. Stocks/saham

Anda dapat dengan mudah mendapatkan info harga saham , grafik, dan link terkait dengan hanya mengetik simbol saham di Google diikuti dengan kode saham. Misalnya dengan mengetik Stocks BBCA akan menampilkan informasi saham dari Bank BCA.

7. Membuat Grafik dengan Bantuan Google Search

Anda juga dapat membuat grafik fungsi matematika secara instan. Contoh, ketikkan “graph for x^3” atau “graph for tan(x)”. Nanti, hasil pencariannya akan menampilkan grafik dari fungsi matematika tadi.

8. Mencari Buku berdasarkan Penulisnya

Punya penulis buku favorit? Cari tahu semua buku yang pernah ditulis oleh penulis favoritmu dengan cara mengetikkan seperti contoh: “books by J.K. Rowling”. Semua buku yang pernah ditulis akan ditampilkan, bersamaan dengan tahun terbitnya.

9. Mencari Dokumen dengan Format Tertentu

Untuk mencari sebuah dokumen dengan format tertentu, Anda harus menentukan format apa yang sedang  dicari. Misalnya Anda mencari sebuah dokumen yang bisa diedit seperti doc maupun odt. Setelah menentukan format file yang diinginkan, kemudian rangkai kata kunci dokumen yang ingin dicari. Sebagai contoh, saya pilih kata kunci Toefl. Masukkan toefl filetype:doc untuk menampilkan hasil pencarian yang memiliki format doc.

Dengan menekan salah satu link, Anda dapat langsung mendownload file tersebut ke dalam komputer.

 

10. Cek Status Penerbangan

Jika Anda ingin melacak status dan waktu kedatangan penerbangan apapun, caranya muda. Cukup ketik nama maskapai dan nomor penerbangan diikuti dengan kata flight status. Anda akan mendapatkan informasi tentang penerbangan tersebut. Sebagai contoh: Mengetik GA 821 Flight Status akan menampilkan informasi status penerbangan Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan tersebut.


Demikian 10 fitur keren Google Search yang patut anda ketahui, semoga bermanfaat.

 


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *