Mengenal Ragam Aplikasi pada Microsoft Teams || Oleh Poetra Mahendra

Artikel ini merupkan lanjutan dari seri artikel sebelumnya “Agar WFH Lebih Produktif

Tidak dipungkiri lagi bahwa aplikasi Microsoft Teams meningkat popularitasnya pada masa-masa karantina (juga dikenal dengan istilah Work From Home) di era pandemi Covid-19 ini. Aplikasi ini pada awalnya dirancang sebagai peningkatan dari aplikasi Skype for Bussines yang kemampuannya terbatas hanya untuk video conference saja.

Sekarang banyak aplikasi untuk melakukan video conference seperti Zoom Cloud Meetings atau Cisco WebEX. Lalu apa yang membedakan Microsoft Teams dengan yang lain ? Salah satu yang membedakannya adalah terdapat Application Store sebagai pengaya dan pendukung pekerjaan. Pada pojok IT edisi ini saya akan mengulas beberapa aplikasi pilihan yang bisa dicoba untuk mendukung pekerjaan anda.

1. Lucidchart

Jika anda ingin membuat diagram-diagram seperti Diagram Venn, Workflow atau struktur organisasi, maka Lucidchart adalah jawaban yang paling mendekati kebutuhan anda. Prinsip kolaborasi dalam Microsoft Teams mempermudah anda dalam mendistribusikan, proses edit dan proses approval terhadap diagram yang telah dibuat. Menarik sekali bukan ?

2. Survey Monkey

Bekerja secara remote dimana sulit bertemu muka untuk memutuskan hal yang memerlukan urun rembuk secara bersama, anda bisa menggunakan Survey Monkey. Survei atau pooling dapat dibuat dengan cepat dan mudah, lalu hasil tabulasi dapat dilihat oleh seluruh anggota tim. Layak untuk dicoba.

3. Mural

Ingatkah anda betapa seru dan menyenangkannya sesi brainstorming dengan menggunakan  papan tulis (whiteboard), dimana kita semua dapat berpartisipasi dan ikut menulis di sana ? Di sinilah Mural dapat mewujudkan itu.

4. Agile Polly


Salah satu fitur yang seolah menjadi “standar” dalam Microsoft Teams adalah project management, namun pendekatan AgilePolly sedikit berbeda. Alih-alih memvisualisasikan dengan cara Gantt Chart, Agile Polly lebih ke arah status and progres. Fitur ini memudahkan anggota tim untuk melaporkan, apabila ada hambatan pada projek yang dijalankan serta mengatur lead time yang diperlukan dalam setiap projek yang dikerjakan.

5. Zoom Cloud Meeting

Hah? Zoom? Iya, Zoom pun terdapat  di dalam aplikasi Microsoft Teams. Banyak yang sudah mengulas aplikasi ini, termasuk di artikel yang dibuat rekan saya Junaidi dan juga John.  Nah anda dapat menggabungkan kemudahan conference call meeting dari Zoom ke dalam Aplikasi Microsoft Teams.

Banyak pilihan berbagai jenis aplikasi tambahan pada Microsoft Teams. Pilihan kembali pada anda masing-masing.

Selamat Mencoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *