Menggunakan Aplikasi Zoom Meeting pada Smartphone dan PC || Oleh Junaidi

Baru-baru ini negara kita sedang dihebohkan dengan wabah virus Corona, sehingga Presiden Jokowi meminta untuk membatasi kegiatan di luar rumah. Pemerintah menghimbau agar masyarakat lebih memperbanyak aktivitas dari rumah, termasuk bekerja dari rumah (Work From Home) jika memungkinkan.

Itulah sebabnya Anda perlu mengetahui tentang aplikasi Zoom Meeting yang bisa digunakan untuk melakukan pertemuan atau rapat secara maya dari mana pun.

Aplikasi ini dapat digunakan pada smartphone (Android / iOS) maupun PC (laptop / desktop). Tujuannya untuk memudahkan aktivitas rapat secara online. Berikut langkah penggunaannya melalui smartphone Android :

1. Download app Zoom Cloud Meetings di Play Store.

2. Jika Anda bertindak sebagai tuan rumah penyelenggara pertemuan (host), daftarkan akun baru menggunakan alamat email, lalu Sign In dengan email yang didaftarkan tadi. Jika Anda sebagai partisipan yang diundang, Anda tidak perlu mendaftar.

3. Pilih New Meeting untuk memulai pertemuan rapat.

4. Posisikan Video On aktif dan pilih tombol Start a meeting.

 

5. Salin link yang berisi ID & password meeting.

6. Anda dapat mengirimkan undangan meeting dengan membagikan link yang disalin tadi via WhatsApp ke peserta lainnya.

 

7. Contoh tampilan di smartphone, setelah peserta lainnya terhubung saat meeting berlangsung.

Untuk penggunaan dengan PC, caranya kurang lebih sama. Kelebihan menggunakan PC adalah tampilan layar yang lebih besar dan rapi, sehingga Anda pun lebih leluasa mengakses menu lain, seperti chat, berbagi layar, merekam, dan lainnya.

Catatan : Zoom versi gratis ini memungkinkan Anda untuk menyelenggarakan konferensi rapat maksimal 100 peserta dengan format video hingga 40 menit. Untuk akses Zoom menggunakan koneksi internet di kantor kemungkinan akan mengalami kendala karena diblokir oleh proxy, sehingga Anda perlu menggunakan koneksi internet pribadi.

Sekian. Selamat Mencoba. Semoga Bermanfaat.

Referensi : https://idcloudhost.com/mengenal-aplikasi-zoom-cara-install-dan-fitur-fitur-zoom-meeting-lengkap/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *