Cara Mempercepat Proses Transfer File di Flashdisk || Oleh Michael Yudo

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan sementara yang sangat populer, karena kelebihannya yang mudah dibawa ke mana saja. Seiring perkembangan teknologi, kapasitas penyimpanannya pun semakin besar. Namun seperti yang kita ketahui, proses transfer / copy file dari PC ke flashdisk, tidak secepat harddisk. Oleh karena itu untuk memindahkan file yang berukuran cukup besar, kita harus menunggu cukup lama sampai proses transfer selesai.

Kita dapat mempercepat kecepatan transfer flashdisk dengan cara mengganti format penyimpanannya. Secara default format penyimpanan pada flashdisk menggunakan format FAT32 atau exFAT. Mengapa demikian ? Karena format ini merupakan format yang universal, dapat digunakan pada berbagai platform. Kita dapat merubah formatnya menjadi NTFS. NTFS sendiri format keluaran dari Windows, jadi mungkin ada beberapa platform yang tidak kompatibel. Cara ini sangat cocok untuk pengguna Windows.

Berikut caranya :

1. Hubungkan terlebih dahulu flashdisk dengan komputer

2. Karena kita akan memformat ulang flashdisk, maka data pada flashdisk akan hilang. Oleh karena itu anda harus melakukan backup dari isi flashdisk terlebih dahulu.

3. Jika sudah, langkah selanjutnya klik kanan pada drive flashdisk, lalu pilih Format. Maka akan muncul pop up windows baru, pilih file system dengan NTFS lalu klik Start.

Terakhir tinggal tunggu proses sampai selesai, maka format flashdisk anda akan menggunakan NTFS, dimana proses transfer file akan lebih cepat daripada format FAT32 atau exFAT.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *