Fitur Disk Cleanup pada Windows 10 || Oleh John Richardo

Pernahkah anda merasa storage pada PC  full, sementara anda merasa sudah menghapus sebagian file-file atau data yang sudah tidak diperlukan, tetapi tetap saja Windows selalu memberi peringatan Low Disk Space atau Out Of Storage, sewaktu hendak menginstall aplikasi-aplikasi tertentu.

Windows 10 memberi peringatan Low Disk Space, karena tanpa sepengetahuan kita, Windows seringkali menyimpan file-file update system terbaru atau bahkan yang sudah berlalu, kumpulan driver, kumpulan cache, kumpulan log, dsb, sehingga tanpa terasa sudah memakan storage yang lumayan besar. Seringkali file-file tersebut di atas tidak terlihat dan tidak terakses oleh user. Oleh karena itu user merasa sudah menghapus file-file, data, dsb. tetapi masih saja mendapati peringatan Low Disk Space.

Dalam Pojok IT kali ini kita akan membahas salah satu fitur dari Windows 10 dalam mengatasi masalah Low Disk Space, yaitu fitur Disk Cleanup.

Berikut cara mengaksesnya :

  • Tekan tombol Windows dan ketikkan disk cleanup pada kolom pencarian. Jika sudah, pilih aplikasi Disk Cleanup yang ditampilkan.

  • Pilih drive mana yang hendak anda bersihkan. Otomatis sistem operasi Windows akan melakukan scanning pada file sampah yang terdeteksi.
  • Pilih/contreng jenis file sistem mana saja yang hendak dihapus dan klik OK.

Sekian, semoga bermanfaat, terima kasih

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *