Cara Mengetahui Sudah Diterima Tidaknya Email pada Thunderbird || Oleh Beni Syaban

Anda mengirim email namun tidak kunjung mendapatkan jawaban? Bahkan, setelah mengirim hingga tiga email, anda tak kunjung tahu apa yang terjadi dengan dua email pertama? Apakah pesan anda diabaikan?

Sebagian besar platform email utama memberikan pilihan untuk meminta penerimaan kembali (tanda terima) bersamaan dengan email yang dikirim. Beberapa juga akan membiarkan anda menentukan tanda terima untuk setiap email yang dibuat.

Hanya saja, penerima masih dapat menolak permintaan tersebut, sehingga anda tidak akan pernah menerima tanda terima yang anda harapkan. Beberapa platform email, seperti Gmail dan Apple Mail, misalnya, tidak secara resmi mendukung pengiriman permintaan tanda terima baca.

Sebagai alternatif, anda dapat menggunakan pelacakan email “tak terlihat” dan tanda terima sudah dibaca, tetapi anda harus bergantung pada perangkat lunak pelacakan pihak ketiga.

Untuk platform email Thunderbird, kita memanfaatkan layanan tanda terima yang dapat diatur dengan cara :

  • Klik Tools pada menu bar atas, lalu klik Options.

  • Pada tab Advanced sub-tab General, klik Return Receipts (lihat gambar).

Di sini anda dapat mengkonfigurasi Thunderbird agar selalu menyertakan permintaan tanda terima pada setiap email yang anda kirim. Begitu pula sebaliknya ketika menerima email dengan permintaan tanda terima, anda juga dapat menentukan apakah mengijinkan pengiriman tanda terima atau tidak. Setelah selesai, klik OK.

Anda juga dapat mengkonfigurasi Thunderbird agar mengembalikan tanda terima secara individu hanya pada email tertentu. Saat menulis email baru, klik pada Options di menu bar bagian atas, lalu pilih Return Receipts untuk meminta tanda terima atau Delivery Status Notification untuk notifikasi status pengiriman email.

Demikian materi pojok IT sesi kali ini. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *