Resiko Melakukan Save Password pada Mozilla Firefox || Oleh Cecep Wahyudin

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan sedikitnya tentang resiko melakukan save password pada Mozilla Firefox, karena secara otomatis password rekan-rekan akan tersimpan di browser. Dampak buruknya, jika rekan-rekan mengalami pencurian / kehilangan laptop, maka siapa pun dapat dengan mudahnya melihat password yang pernah tersimpan pada laptop tersebut, bahkan tidak menutup kemungkinan password internet banking pun ada di dalamnya.  Tidak percaya? Begini cara melihat password yang tersimpan di browser :

1. Di sini saya mencontohkannya dengan menggunakan browser Mozilla Firefox. Saya angap anda sudah memilih Save password pada jendela login yang ada di laman situs. Setelah itu, klik ikon menu yang ada di pojok kanan atas, kemudian pilih Options.

pilih Options pada menu

2. Selanjutnya pilih tab Security dan tombol Saved Logins

pilih Save Logins untuk melihat password gmail di browser

3. Pilih tombol Show Passwords, kemudian pilih Yes.

pilig show passwords

4. Anda dapat melihat sendiri, kata sandi yang anda masukkan tersimpan dan dapat terbaca dengan jelas beserta username / emailnya.

password terlihat dengan jelas

Kelalaian menyimpan password di browser bisa menjadi hal yang berbahaya. Hanya dengan cara sederhana seperti yang saya jelaskan di atas, bahkan orang awam pun dapat mengetahui password yang anda simpan di browser. Oleh sebab itu sangat tidak disarankan menyimpan kata sandi di browser, agar anda terhindar dari penyalahgunaan dan pembajakan akun.

 

Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *