Langkah Preventif dalam Problem WhatsApp Call yang Timbul Saat Telepon || Oleh Andika Eka Putra

Aplikasi WhatsApp umumnya sudah kita ketahui memiliki fitur voice call yang berfungsi layaknya telepon umumnya dan juga video call yang mampu melakukan panggilan tidak hanya suara tetapi juga videonya. Kita akan membahas fitur favorit yakni voice call dikarenakan bebas pulsa maupun bebas tagihan.

Tidak seperti layaknya panggilan telepon biasa yang berbasis waktu bicara (menit, detik), voice call pada whatsapp atau bisa disebut whatsapp call mengacu atau berbasis pada besarnya data yang dikirim dan diterima yaitu KiloByte (KB).

Sebenarnya data itu diambil dari Kuota paket data yang kita miliki, biasanya provider sudah menyediakan 2GB-20GB per bulan dalam harga yang variatif. Dengan begitu kita tidak lagi dipotong pulsanya layaknya panggilan telepon biasa.

Setelah mengetahui konsep WhatsApp Call ini maka kita harus lanjut memahami bahwa komunikasi data ini memerlukan koneksi jaringan yang kuat dan kencang. Teknologi yang kita ketahui jaman now adalah 3G, 3.5G, 4G, 4.5G. Semakin besar angkanya maka kecepatan yang disediakan seharusnya semakin kencang.

Langkah preventif untuk menghindari komunikasi terputus, suara tertunda (voice delay), suara putus-putus bahkan tidak jelas sebagai berikut:

  • Pastikan sinyal minimal 80% atau Signal Bar penuh atau hampir penuh
  • Pastikan terhubung minimal 3G
  • Jangan lakukan panggilan whatsapp call apabila sinyalnya adalah EDGE / GPRS / GSM
  • Ponsel jangan dalam keadaan power save / low power mode
  • Hindari rubanah maupun ruangan tertutup beratap beton tanpa penguat sinyal provider seluler
  • Perihal diatas bukan hanya berlaku pada kita, tetapi juga pada sisi penerimanya (tujuan)

Jika perihal di atas tidak bisa terpenuhi, maka alangkah baiknya kita melakukan panggilannya melalui panggilan nomor telepon biasa jangan WhatsApp Call karena untuk menghindari problem komunikasi yang dapat menyebabkan miskomunikasi penting ataupun urgent, apalagi kita berada di luar kota, di daerah tidak terjangkau sinyal 3G

 

–Selamat Mencoba, Semoga Bermanfaat–

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *