Pastikan Akun Online Anda Aman || Oleh Winata Kusuma

Ancaman siber, penipuan online dan pencurian identitas secara digital terus meningkat. Sangat penting untuk menjaga perangkat teknologi dan akun online seaman mungkin.

Pihak Avast memberikan beberapa saran untuk menjaga akun tetap aman sebagai berikut:

1. Memeriksa router. Ini adalah pintu gerbang untuk semua perangkat anda yang terhubung, dan dapat membahayakan jika kata sandi tidak aman. Jika layanan online yang pernah digunakan pernah dibobol, ada kemungkinan bahwa kata sandi tidak lagi aman. Pastikan mengubah kata sandi pada semua perangkat yang terhubung.

2. Pastikan semua perangkat yang terhubung dengan jaringan rumah telah diperbarui sesuai dengan patch perangkat lunak. Hal ini termasuk webcam, mainan yang terhubung, serta smart TV.

3. Antivirus bisa mendeteksi dan menangkal malware sebelum dia menyebabkan banyak kerusakan. Antivirus juga akan mendeteksi dan menghapus ancaman seperti keylogging malware yang dapat melacak setiap kata sandi baru yang anda buat.

4. Pilih frasa atau seri kata yang mudah diingat dan tambahkan karakter special untuk membuat kata sandi yang unik dan kompleks yang termasuk nomor, karakter, dan simbol. Hindari kombinasi yang simpel dan mudah diingat seperti menggunakan nama anda, “katasandi” atau “1234”.

 

Selain itu, ada baiknya untuk mengubah kebiasaan berikut:
1. Kebiasaan memperbarui patch: Banyak perangkat seperti PC dan ponsel dapat menjalankan pembaruan pada malam hari sehingga tidak ada alasan untuk menunda pembaruan hingga waktu yang lebih nyaman.

Pembaruan biasanya termasuk pembetulan pada kerentanan, sehingga penolakan untuk memasangnya dapat memacu lobang pada keamanan anda, yang dapat dimanfaatkan oleh para kriminal.

2. Kata sandi secara rutin untuk semua akun dan perangkat (termasuk akun Email kantor dan sirius) : Banyak orang tidak menyadari bahwa mengubah kata sandi secara rutin dapat membantu mencegah isu-isu keamanan pada umumnya, seperti penipuan cyber, pencurian data online serta identitas, dan peretasan.

3. Cara menyimpan kata sandi: Jangan simpan kata sandi dalam browser anda. Jika komputer diretas, penjahat siber dapat menemukan kata sandi dalam browser dan menggunakannya untuk mengakses akun online.

Gunakan pengelola kata sandi yang akan membantu anda dalam membuat kata sandi yang kuat untuk semua akun anda dan menyimpannya dengan aman di balik kata sandi utama.

Ketika tidak terkunci dan add-on browser yang disertakan telah terpasang, alat pengelola kata sandi akan mengisi secara otomatis informasi login ketika anda ingin mengakses akun yang dilindungi.

4. Proses log-on yang aman: Gunakan dua-langkah otentikasi untuk masuk ke situs yang belom pernah dimasuki.

Contohnya, Anda dapat memilih ponsel sebagai tingkat keamanan kedua, sehingga ponsel harus menerima kode untuk masuk dan memverifikasi login kredensial. Langkah ekstra ini akan mempersulit orang mengakses akun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *