Fungsi Print Preview Pada Mozilla Firefox || Oleh Doli

Pada pojok IT kali ini kita akan membahas fungsi Print Preview pada Mozilla Firefox. Sebagaimana sudah kita ketahui fungsi print preview ini sangat bermanfaat dan berperan penting, khususnya dalam mengatur kerapihan dari hasil print out seperti misalnya Surat Jalan atau Invoice dari Sirius.

Hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan fungsi Print Preview adalah:

1. Aktifkan atau buka aplikasi Mozilla Firefox terlebih dahulu

2. Kemudian lihat di pojok kiri atas menu utama Firefox yaitu FILE, kemudian klik sub menu PRINT PREVIEW seperti gambar berikut ini.

3. Setelah Print Preview diklik maka akan terbuka window baru dari Firefox itu sendiri, yaitu window Print Preview. Disini kita bisa melakukan pengeditan dari tampilan halaman yang hendak kita print/cetak.

4. Ada beberapa menu utama yang akan paling sering kita gunakan ketika kita melakukan pengeditan dari halaman yang kita hendak print. Seperti gambar berikut ini:

5. Menu yang paling utama adalah SCALE, di sini kita dapat menambahkan ataupun mengurangi ukuran dari halaman yg kita inginkan, mulai dari 30% s/d 200% dari ukuran semula. Dan ada juga pilihan Custom bila kita ingin memasukkan nilai di luar dari nominal angka yang tersedia secara default oleh Firefox, misal: 35%, 75%, 95%, dll.

6. Ada juga menu Print yang tidak asing lagi fungsinya, lalu Page Setup yang juga cukup familiar, namun kedua menu tersebut sebenarnya sudah tersedia di bawah menu utama FILE. Kemudian ada juga menu Portrait dan Landscape yang tidak lain adalah untuk menentukan posisi Vertikal maupun Horizontal pada hasil print out.

7. Nah, semoga tips pojok IT kali ini dapat menambah wawasan dan skill kita dalam memaksimalkan hasil print out yang kita inginkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *