Cara Kompres File PDF dengan Mudah secara Online || Oleh Venny

Ukuran file PDF yang terlalu besar kadang menjadi masalah tersendiri, terutama jika file tersebut akan dilampirkan di email atau perlu diunggah (upload) ke situs tertentu, sementara terdapat ketentuan batas maksimal besarnya ukuran file yang dapat dikirim atau diunggah.

Dengan melakukan kompresi, dapat diperoleh file PDF yang berukuran lebih kecil. Salah satunya secara online, sehingga Anda tidak perlu install apapun, asalkan tersedia akses internet. Berikut langkah-langkahnya :

1. Siapkan File PDF yang akan dikompres

2. Kunjungi situs smallpdf dan klik icon pertama Compress PDF

3. Drag and drop file pdf yang ingin dikompres dari folder yang sudah disiapkan ke area berwarna merah bertulisan Drop PDF here. Atau dengan cara klik Choose File dan memilih lokasi folder dimana file PDF yang akan dikompresi berada.

4. Silahkan tunggu sampai proses mengunggah file selesai. Begitu selesai, proses kompresi secara otomatis akan mulai dengan sendirinya. Tunggu sampai proses kompresi selesai.

5. Jika sudah selesai, akan muncul informasi persentase, ukuran file PDF sebelum dan sesudah kompresi. Pilih Download File untuk mengunduh file hasilnya. Selesai.

Catatan : SmallPDF merupakan tools gratis dengan ketentuan maksimal 2 file dokumen yang dapat diproses dalam 1 jam.

One Reply to “Cara Kompres File PDF dengan Mudah secara Online || Oleh Venny”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *